“Sharing Session – Pembuatan Aplikasi Doktoral dan Pencarian Beasiswa Dalam dan Luar Negeri”

Jumat, 13 September 2019, PAKARTI FT UMJ yang merupakan lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat Fakultas Teknik UMJ selenggarakan kegiatan diskusi dengan tema Sharing Session” Pembuatan Aplikasi Doktoral dan Pencarian Beasiswa Dalam dan Luar Negeri. PAKARTI FT UMJ yang telah berdiri sejak tahun 2014 aktif memfasilitasi berbagai macam kegiatan Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Pelatihan bagi Civitas Akademika di lingkungan FT UMJ. Dan salah satunya adalah kegiatan tersebut di atas.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh bidang 3 PAKARTI FT UMJ Bidang Pelatihan dan Kerjasama. Tujuannya adalah memfasilitasi dosen muda yang berkeinginan mendapatkan beasiswa Program Doktoral(S3) baik di dalam maupun di luar negeri. Narasumber yang dihadirkan adalah dosen dari kalangan Fakultas Teknik itu sendiri, yaitu Fadliondi B.Eng.,M.Eng yang telah berhasil mendapatkan beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) milik KEMENKEU  dan akan melanjutkan studi ke Belgia, serta Haris Isyanto.ST.,MT yang juga berhasil mendapatkan Beasiswa BUDI-DN (Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia Dalam Negeri) milik RISTEKDIKTI dan akan melanjutkan studi ke Universitas Indonesia (UI). Keduanya merupakan dosen Program Studi Teknik Elektro FT UMJ.

Peserta banyak menggali informasi penting mengenai bagaimana cara pengajuan Proposal Program S3, mulai dari menulis proposal yang baik, mempersiapkan syarat akademik sampai kepada mencari promotor yang sesuai. Trik mendapatkan beasiswa dijelaskan dengan sangat apik oleh kedua Narasumber. Kegiatan diskusi ini membawa pencerahan mendalam bagi peserta, diharapkan dosen dosen muda pada lingkungan FT UMJ dapat lebih banyak lagi mendapat beasiswa guna melanjutkan program studi S3, yang juga akan berdampak bagi kemajuan Fakultas dan Universitas secara umum.

Bravo UMJ!