Phnom Penh, 06 September 2024 – Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) merealisasikan kerjasama dengan An Nikmah Al Islamiah Institute, Phnom Penh, Kamboja. Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari MoU dan MoA yang telah ditandatangani dengan An Nikmah Al-Islamiyah Phnom Penh Institute, Kamboja.

Pada kesempatan kali ini, program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internasional yang diisi oleh dosen prodi Agribisnis Lorenta In Haryanto, bersama salah satu tim anggota Tri Yuni Hendrawati prodi Teknik Kimia. Program bertajuk “Instilling the Entrepreneurial Spirit through Socializing Black Garlic Making for Teenagers at An Nikmah Al Islamiah Institute Pnom Penh Cambodia” ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi remaja sekolah menengah.

Materi ini dirasa penting untuk dibekalkan kepada para pelajar sebagai calon wirausahawan. Dengan jumlah penduduk 30% berusia di bawah 30 tahun dari total populasi, Kamboja memiliki peluang dan optimis mencetak golongan muda untuk menyerap informasi dan teknologi baru ke dalam dunia wirausaha yang terus berkembang.

Menurut Lorenta, ilmu agribisnis perlu dipromosikan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi, penyedia lapangan pekerjaan, dan pengembangan pembangunan daerah. “Inti dari program ini adalah memantik ide bagi siswa terkait pemrosesan pasca panen bawang putih. Siswa diberikan wawasan bahwa pertanian bukan hanya tentang budidaya (hulu), namun penciptaan nilai ekonomi yang tinggi pada hasil panen” ujarnya.

Bawang hitam (black garlic) yang dibawakan dalam program tersebut merupakan produk yang dikembangkan oleh ketua tim Sukrianto, dosen prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian UMJ. Harapannya Black Garlic dapat dikenal secara luas di negara yang disebut Land Of the Khmer itu.