
Jakarta, 24 Februari 2025 – Tenaga pendidik dan kependidikan (tendik) dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berhasil meraih penghargaan sebagai peserta terbaik dalam Rombongan Belajar 1 pada kegiatan Baitul Arqam Tenaga Pendidikan UMJ Gelombang 3. Prestasi ini semakin menegaskan komitmen tendik LPPM UMJ dalam menjalani tugas dengan penuh integritas, profesionalisme, dan semangat belajar yang tinggi.
Baitul Arqam Gelombang 3 yang diadakan oleh LPP AIK UMJ bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keislaman, menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan dan cara berpikir di kalangan anggota persyarikatan dalam melaksanakan misi Muhammadiyah dan mempererat hubungan antar tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan UMJ. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pembekalan dalam hal spiritualitas, tetapi juga mengembangkan soft skills yang sangat dibutuhkan dalam mendukung kinerja tendik.
Selama pelaksanaan Baitul Arqam, peserta dibekali dengan berbagai materi yang mencakup penguatan iman dan ketakwaan, etika profesi, serta pengembangan keterampilan komunikasi dan kolaborasi dalam bekerja. Kegiatan ini terbagi dalam beberapa rombongan belajar, dengan Rombongan Belajar 1 diikuti oleh sejumlah peserta dari berbagai unit di UMJ, termasuk tendik dari LPPM UMJ.
Keberhasilan tendik LPPM UMJ meraih predikat peserta terbaik di Rombongan Belajar 1 tidak lepas dari dedikasi dan semangatnya dalam mengikuti setiap sesi kegiatan. Peserta terbaik ini dianggap mampu menunjukkan kualitas diri yang luar biasa, tidak hanya dalam hal pemahaman materi, tetapi juga dalam interaksi dan partisipasi aktif selama pelatihan. Penilaian dilakukan berdasarkan kemampuan peserta dalam menyerap materi, berdiskusi, serta menunjukkan sikap positif selama kegiatan berlangsung.
Sebagai peserta terbaik, tendik LPPM UMJ menunjukkan kemampuannya dalam menerapkan nilai-nilai yang diajarkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam konteks profesional maupun pribadi. Penghargaan ini memberikan motivasi lebih untuk terus meningkatkan kualitas diri dan memberikan kontribusi terbaik bagi lembaga pendidikan tempat mereka bekerja.
Baitul Arqam Gelombang 3 juga menjadi ajang untuk mempererat silaturahmi antar tendik di UMJ. Para peserta, termasuk tendik LPPM UMJ, memiliki kesempatan untuk berbagi pengalaman, memperluas jaringan, dan belajar bersama. Keberhasilan dalam Baitul Arqam ini pun diharapkan dapat memperkuat kebersamaan dan semangat gotong royong di kalangan tendik UMJ dalam menjalankan tugas-tugas mereka.
Tidak hanya meningkatkan kompetensi individu, kegiatan Baitul Arqam ini juga memberikan dampak positif bagi pengembangan LPPM UMJ sebagai lembaga yang berperan penting dalam riset dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan meningkatnya kualitas dan etika kerja para tendik, diharapkan LPPM UMJ dapat lebih optimal dalam melaksanakan tugas-tugasnya serta mendukung UMJ menjadi universitas yang lebih unggul.
Selain itu, penghargaan yang diterima oleh tendik LPPM UMJ ini juga menjadi refleksi dari peran penting LPPM dalam menciptakan tenaga pendidik yang tidak hanya kompeten secara akademik, tetapi juga memiliki kualitas karakter yang kuat. Program seperti Baitul Arqam menjadi wadah yang efektif untuk mengembangkan aspek-aspek tersebut secara holistik.
Tendik yang meraih penghargaan ini juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada penyelenggara Baitul Arqam dan berharap agar kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Menurutnya, pelatihan semacam ini sangat bermanfaat dalam memberikan wawasan dan pengalaman baru yang berguna dalam meningkatkan kualitas kerja dan interaksi antar sesama rekan tendik di UMJ.
Sebagai penutup, penghargaan yang diraih oleh tendik LPPM UMJ di Baitul Arqam Tenaga Pendidikan Gelombang 3 diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi tendik lainnya untuk terus meningkatkan kualitas diri. Dengan semangat yang semakin tinggi, tendik UMJ diharapkan dapat terus berkontribusi dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang berkualitas dan mendukung kemajuan universitas.