Jakarta, 3 April 2024-Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) siap menerapkan manajemen mutu ISO 9001: 2015.

Dalam rangka menerapkan Sistem Manajemen Mutu sesuai standar ISO 9001: 2015 Universitas Muhammadiyah Jakarta mengadakan Pengesahan & Sosialisasi Dokumen Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 terhadap Badan, Lembaga, dan Unit Kerja di Universitas Muhammadiyah Jakarta yang dilaksanakan di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Tria Astika E.P. selaku Ketua Persiapan dan Pelaksanaan Sertifikasi ISO 9001: 2015 Badan, Lembaga, dan Unit. Prof. Tria menyampaikan terdapat lima badan, lembaga dan unit yang akan disertifikasi ISO 9001: 2015 yaitu BPM, LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat), SPI (Satuan Pengawas Internal), Unit Perpustakaan, serta Unit PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) dan Promosi. Kelimanya didukung oleh beberapa biro yaitu SDI (Sumber Daya Insani), Biro Umum dan Sarpras, PDTI (Pusat Data dan Teknologi Informasi), serta Biro Administrasi dan Kemahasiswaan.

UMJ melalui BPM menargetkan akan mendapat sertifikat ISO 9001:2015 pada Juli 2024 mendatang. Prof. Tria mengatakan seluruh pihak yang terlibat telah mengikuti pelatihan maupun workshop dan siap mengimplementasikan kebijakan mutu.

Dalam kesempatan ini pula Prof. Ma’mun Murod selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta mengatakan Universitas Muhammadiyah Jakarta memiliki komitmen tinggi terhadap peningkatan sistem manajemen mutu hingga tercapainya Sertifikasi Internasional. Komitmen itu diwujudkan dengan adanya pengesahan dan penandatanganan dokumen POB yang telah disepakati oleh Rektor dan seluruh badan, lembaga maupun unit yang akan disertifikasi ISO 9001: 2015. Pada kesempatan ini Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UMJ Prof. Tri Yuni Hendrawati turut hadir dalam Pengesahan Dokumen Sistem Manajemen Mutu tersebut.

Konsultan ISO Ibu Katya Retno Hapsari mensosialisasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 dan berharap UMJ tidak berhenti sampai mendapat sertifikat ISO saja, penerapan sistem manajemen mutu sangat penting dalam peningkatan mutu sebagai proses perubahan lembaga yang dapat memuaskan pelanggan dan stakeholder, serta dapat terus menerapkan budaya mutu, menjaga, dan meningkatkan mutu.