Pengabdian

Pengabdian kepada masyarakat dibagi ke dalam :

  1. Internal UMJ
  2. Bekerjasama dengan PTM
  3. Yayasan Mandiri.
  4. Dibiaya oleh Pemerintah

Urutan kegiatan pengabdian pada masyaraklat dimulai dengan pendaftaran, pembekalan, pelaksanaan, monev dan pelaporan.

Advokasi & Pendampingan Masyarakat

LPPM UMJ memiliki peran utama dalam mengelola serta mengkoordinir berbagai kegiatan pengabdian di lingkungan civitas akademika UMJ. LPPM UMJ secara swadaya juga memberikan pendampingan bagi masyarakat di berbagai tingkatan melalui upaya pembentukan model, advokasi, konsultasi dan evaluasi bagi masyarakat secara langsung.

LPPM UMJ juga bermitra dengan berbagai institusi strategis dalam upaya pembentukan model, advokasi, konsultasi dan evaluasi bagi lembaga-lembaga dan institusi-institusi pemerintah maupun non-pemerintah, baik dalam hal pembuatan sistem, alat ukur, pengimplementasian dan juga evaluasi bagi lembaga atau institusi yang menjadi partner kerja dari lembaga/institusi yang bersangkutan.

Dalam upaya advokasi, institut akan menindaklanjuti berbagai kajian atas isu-isu strategis dengan melakukan pendekatan langsung kepada stakeholders dan pemangku kepentingan terkait dan segera mengambil suatu solusi aplikatif yang dapat segera diterapkan oleh seluruh pihak terkait. LPPM UMJ juga menindaklanjuti dengan memfasilitasi berbagai macam upaya pengabdian masyarakat termasuk dalam pengembangan kegiatan CSR. Sosialisasi, KIE dan Peningkatan Kapasitas Masyarakat.

Pengabdian kepada masyarakat bekerja sama dengan Yayasan Damandiri melalui kegiatan Posdaya.

Untuk mendesiminasikan, sosialisasi dan mengkomuni-kasikan gagasan/ide, model hasil penelitian, kajian ataupun studi, hasil diskusi, LPPM UMJ juga berupaya melakukan berbagai bentuk kegiatan sosialisasi dan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik. Untuk meningkatkan kesadaran publik serta kapasitasnya, LPPM UMJ menyelenggarakan program Peningkatan Kapasitas yang diwujudkan dalam bentuk penyuluhan, seminar dan lokakarya serta berbagai bentuk media sosialisasi, pendidikan dan pelatihan lainnya.